Thursday, November 8, 2012

Au Pair - Visa (part.3)


Mungkin kalian bertanya-tanya mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi au pair. Sebenarnya persyaratan setiap negara berbeda-beda, dan karena saya adalah fille au pair di Prancis, maka saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus kalian penuhi untuk menjadi au pair di Prancis (untuk kalian yang ingin menjadi au pair di negara lain, kalian bisa membaca persyaratannya di http://www.aupair-world.net/index.php/au_pair/).

Pertama yang harus kalian lakukan adalah menemukan keluarga yang sesuai dengan kriteria kalian, ingat jangan terburu-buru dalam memilih keluarga. Setelah kalian mendapatkan keluarga, kalian dan keluarga terpilih akan membuat perjanjian tertulis (kontrak). Perhatikan baik-baik kontrak yang kalian buat, jikalau nanti ada pelanggaran yang kalian atau keluarga buat, kalian bisa menuntut. Kemudian pihak keluarga akan mengirimpak kontark yang telah kalian setujui untuk ditanda tangani (sebanyak 4 buah), lalu kalian harus mengirimkan kembali kontrak yang telah kalian tandatangani yang nantinya pihak keluarga akan mengirim kontrak tersebut ke kantor DIRECCTE (berdoalah agar kontrak kalian disetujui oleh pihak DIRECCTE, karena jika ditolak, kalian tidak akan bisa mengajukan visa), sambil menunggu kepastian DIRECCTE, pergilah ke Campus France di kota di mana kalian tinggal, karena di sana kalian akan mendapatkan bimbingan oleh penanggung jawab Campus France untuk mendapatkan visa (http://www.indonesie.campusfrance.org/), tapi kalian buat janji terlebih dahulu sebelum bertemu dengan Campus France. Setelah kalian bertemu Pihak Campus France, kalian akan diminta untuk menyiapkan beberapa dokumen yang nantinya akan kalian serahkan kebagian visa untuk mendapatkan visa jangka panjang “visa long sejour”, dokumen yang harus kalian siapkan antara lain :

1. Formulir permohonan visa panjang rangkap 2, ditulis tangan dan ditandatangani
2. Formulir "OFII": Isilah Rubrik 1 dengan tulisan tangan. Dan Rubrik 2: mohon diisi hanya setibanya Anda di Prancis.
3. 3 lembar foto terbaru (berwarna, ukuran 3,5 cm x 4,5 cm, latar belakang berwarna putih, tanpa tutup kepala, ukuran wajah =  80% dari foto).
4. Paspor Asli, beserta 1 foto kopi halaman identitas dan domisili
5. Foto kopi Akte kelahiran Aslinya dan Terjemahannya dalam bahasa Prancis 
6. Foto kopi bukti Reservasi tiket  (tiket pergi), bisa minta tolong agen travel
7. Curriculum Vitae dan Surat Motivasi
8. Foto kopi Surat Penerimaan dari institusi pendidikan di Prancis
9. Foto kopi Diploma terakhir Aslinya dan Terjemahannya dalam bahasa Prancis
10. Foto kopi Surat keterangan kemampuan bahasa Prancis (konsultasikan terlebih dahulu dengan CampusFrance)
11. Foto kopi « Attestation d’hébergement » untuk jangka waktu 3 bulan minimum, dengan tercantum alamat tempat tinggal :
- Untuk tempat tinggal yang disewakan: kopi Kontrak atau surat pernyataan tempat tinggal.
- Untuk tempat tinggal yang disediakan oleh perorangan : harus ada "Attestation sur l'honneur" dari si pemberi tempat tinggal dan kopi identitasnya.- Untuk reservasi Hotel : bukti reservasi hotel untuk sekitar 7 – 10 hari.
12. 1 foto kopi surat keterangan pendanaan:  (konsultasikan terlebih dahulu dengan CampusFrance)
- Bagi siswa program Au Pair : kopi kontrak yang sudah disetujui oleh DDTEFP atau DIRECCTE +        kopi identitas keluarga Prancis.
13. Foto kopi Asuransi Perjalanan (Travel Insurance), minimum untuk jangka waktu (tiga) bulan.  Harus mencantumkan jumlah pertanggungan minimal 30.000 Euros, ada repatriasi medis dan berlaku di seluruh negara Schengen.

PS : Point 1 dan 2, akan dibantu oleh Campus France.

Setelah semua dokumen sudah kalian lengkapi dan sudah kalian serahkan ke pihak Campus France, kalian akan dipanggil oleh pihak Campus France untuk melakukan sesi wawancara. Ketika semua yang diminta pihak Campus France sudah kalian penuhi, Campus France akan mengirimkan dokumen rahasia yang intinya bahwa kalian sudah melakukan semua yang Campus France minta sehingga kalian mempunyai hak untuk mengajukan visa (kalau pihak Campus France belum mengirimkan dokumen rahasia tersebut ke bagian visa, kalian tidak akan bisa mengajukan visa). Barulah kalian bisa mengajukan visa, saat tiba di kantor bagian pengurusan visa, biasanya kalian akan bertemu oleh Monsieur RAUCH, beliau adalah kepala pengurusan visa (orang prancis), —kalau kalian sedang tidak beruntung— nanti kalian akan kembali diwawancara oleh beliau. Oh ya, tidak ada yang bisa menjamin visa kalian akan diterima atau ditolak, yang tahu tentang itu hanyalah Tuhan dan orang dibagian visa, jadi lebih baik kalian berdoa saja sambil menunggu kepastian, kalian harus menunggu sekitar kurang lebih dua minggu. Ketika visa sudah di tangan, barulah kalian bisa berangkat « merantau » di negeri yang anda idamkan, Prancis !

PS : waktu yang dibutuhkan untuk mengurus semua dokumen yang diminta kurang lebih 3 bulan. Tidak sebentar karena harus ada dokumen yang diterjemahkan, dan juga kalian harus menunggu keluarga Prancis kalian mengirmkan kembali kontrak yang sudah disetujui pihak DIRECCTE.

Ini adalah informasi dua orang penerjemah di Jakarta :

H. A. Subandi                                                                     
Jl. Bumi Raya VI/11 (Kol. Sugiono), Duren Sawit           
Jakarta Timur 13440                                                           
Tel: (021) 866 02362                                                           
Fax: (021) 861 1910                                                             
HP : 0812 967 3834                                                              
sbandi@indosat.net.id                                                           

Sugeng Saleh
Jl. Tebet Barat Dalam V/27
Jakarta Selatan 12810
Telp. (021) 829 55 87
Telp. (021) 829 55 87
Fax. (021) 83 70 11 08
HP : 0813 89 411 900

Prosedur permohonan Visa Pelajar Jangka Panjang VLS-TS 
Tidak ada satu visa pelajar-pun yang dikeluarkan oleh Service Visa - Kedutaan Prancis apabila siswa tidak melakukan prosedur melalui CampusFrance. 

Setelah selesai tahapan Interview pada evaluasi akademik oleh CampusFrance, maka Anda dapat menyerahkan dokumen Visa Anda ke Service Visa - Kedutaan Prancis.

Untuk mempersiapkan dokumen Visa studi lebih dari 90 hari.

Biaya visa jangka panjang : 99€ (dibayarkan dalam Rupiah)
Masukan dokumen Anda ke bagian Visa di Kedutaan Prancis:
- Penyerahan dokumen ke konsulat Visa dari Senin sampai Kamis pukul 08.30 sampai 12.00
- Pengambilan paspor dan visa, 15 hari kerja setelah penyerahan dokumen, dari Senin sampai Jum'at, antara pukul 12.00 dan 13.00.

Konsulat Visa - Kedutaan Prancis di Indonesia
Menara BCA, Lt. 40, Jl. M.H. Thamrin No.1, Jakarta Pusat 10310, Indonesia.


No comments:

Post a Comment